Selasa, 27 Oktober 2020

Usaha Dalam Mengaplikasikan Teori dengan Praktek dalam Menjaga kelestarian lingkungan sekolah


Setiap upaya dalam usaha melestarikan lingkungan sekolah amatlah beragam,membutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam mengemas  kedalam suatu kegiatan yang menarik dan menantang, di antaranya kegiatan kami dewan ambalan cipto mabunkusumo dan ainun basheri adalah melaksanakan kunjungan ke kebun zaka hidroponik pungging mojokerto guna belajar upaya sukses dalam menanap tanaman hidroponik.

bukan hanya kegiatan kunjungan yang kami lakukan selepas itu akan ada aplikasi keilmuan yang telah kita peroleh pasca melaksanakan kunjungan kami aplikasikan dengan menanam tumbuhan sawi dengan hidroponik.

kami menanam secara hidroponik dengan bahan sederhana yang ada di lingkungan sekitar sisi kelas yang belum terisi oleh tanaman hijau.

selain itu ada beberapa upaya kami sebagai kegiatan nyata di tengah pandemi adalah:

Melakukan diskusi atau studi kasus tentang pemeliharaan lingkungan sekolah dan sejenisnya. contoh mennton film bertemakan lingkungan, kemudian mendiskusikan atau membahasnya bersama-sama melalui media daring.

Mengadakan karya wisata atau studi bnding dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan kebersihan dan kelestarian laingkungan sekolah yang ada di sekitar kabupaten sidoarjo.

Melaksanakan tata tertib kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.

Mengembangkan kecintaan dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah melalui berbagai loba peduli lingkungan, seperti lomba kebersihan antar kelas, menulis, menggambar, atau aneka kreativitas lain yang bersifat ramah lingkungan.

Mengadakan pengawasan dan penegakan kedisiplinan.

Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah

Memanfaatkan hari-hari besar nasional untuk gerak peduli lingkungan

Secara keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Selain guru dan siswa, pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersihm sehat dan asri tidak lepas dari peran orang tua, swasta lembaga swadaya masyarakat mapupun pemerintah. Kondisi demikian akan melahirkan siswa yang cerdas, bermutu, berwawasan lingkungan serta mampu menerapkan sikap cinta dan peduli lingkungannya di lingkungan sekolah maupun masyarakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar